google.com, pub-4370146743310366, DIRECT, f08c47fec0942fa0


Hati-hati, Ponsel Kacaukan Kualitas Tidur dan Pekerjaan

Salah satu merek Smartphone.


koranWedding.com - Kehadiran perangkat pintar seperti smartphone dan komputer tablet cukup banyak membantu para profesional menangani pekerjaannya. Tingkat mobilitas tinggi yang bisa ditanggulangi dengan adanya perangkat canggih dalam genggaman membuat tenaga profesional bisa tetap terhubung dengan pekerjaannya.

Namun, selalu terhubung menggunakan smartphone dan tablet secara berlebihan ternyata dapat memberikan dampak buruk. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti gabungan dari Amerika Serikat menyebutkan penggunaan perangkat mobile hingga malam bisa mengganggu kualitas kerja penggunanya.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Florida, Michigan State University dan University of Washington ini dilakukan untuk mencari pengaruh dari kebiasaan para pekerja malam dengan teknologi. Pengaruh yang dipelajari adalah durasi tidur dan kualitas serta energi dan keterlibatan kerjanya.

Pada studi pertama mereka melibatkan 82 orang manajer menengah hingga tingkat tinggi yang ditanyakan tiap pagi berapa lama mereka menggunakan ponsel setelah jam 9 malam di malam sebelumnya dan berapa lama mereka tertidur. Kemudian para manajer itu diminta memberi penilaian atas pekerjaan mereka.

'Saya merasa dikeringkan' dan 'saya harus berusaha lebih keras untuk berkonsentrasi pada sesuatu' menjadi jawaban yang paling banyak diberikan oleh para responden dalam penelitian tersebut. Bahkan, mereka mengaku baru bisa bekerja hingga lupa dengan kondisi sekitar pada sore hari.

Pada studi kedua melibatkan 161 karyawan yang diukur seberapa banyak teknologi seperti smartphone, laptop, tablet dan TV mereka gunakan hingga larut malam. Hasilnya ditemukan penggunaan perangkat teknologi itu bisa mengganggu tidur dan efektifitas kerja pada hari berikutnya.

Professor Leslie Perlow dari Harvard Business School, dalam bukunya 'Sleeping With Your Smartphone', memutuskan koneksi secara teratur membuat para eksekutif bisa lebih bersemangat saat bekerja. Mereka juga merasa lebih puas dengan kehidupan profesional dan pribadinya bahkan bisa lebih kolaboratif dan efisien.

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa penggunaan smartphoen untuk bekerja hingga malam bisa memberikan dampak buruk pada pekerjaan maupun karyawan. Mengutip dari WSJ, peneliti menyarankan untuk mematikan ponsel dan tablet sebelum jam 9 malam agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Bisa? (jek)



google.com, pub-4370146743310366, DIRECT, f08c47fec0942fa0

website stat