google.com, pub-4370146743310366, DIRECT, f08c47fec0942fa0


Pola Makan Sehat Mampu Hindari Obesitas

Ilustrasi.


koranWedding.com - Pakar gizi Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Dr dr Masrul mengemukakan untuk menghindari penyakit obesitas atau penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat.

"Menerapkan pola makan sehat ini selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, tetapi juga harus mengatur berapa porsi makanan yang baik untuk dikonsumsi," katanya di Padang, sepery dilansir Rabu (4/4/2018) dari antaranews.com.

Pembagian porsi makanan yang sehat yakni mencakup seperempat piring sumber karbohidrat, seperempat piring sumber protein nabati dan hewani dengan lemak yang terkandung di dalamnya serta setengah piring sisanya untuk sayur atau buah.

"Untuk sayuran atau buah-buahan pilihlah yang kaya dengan vitamin, mineral dan serat," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa pola makan sehat itu artinya juga mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

"Konsumsilah makanan sesuai keperluan tubuh, jangan berlebih dan juga kurang. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh kita," katanya.

Selain itu, imbangi pola makan sehat dengan kegiatan atau aktivitas tubuh.

"Karena tubuh tidak hanya memerlukan asupan tetapi juga pembakaran, terlebih untuk sebagian masakan Padang mengandung lemak jenuh tinggi, dan kolestrol yang dapat pemicu munculnya stroke, diabetes dan kondisi lainnya seperti tekanan darah tinggi," jelasnya.

Untuk itu, mencegah obesitas merupakan hal penting, karena obesitas berkontribusi tidak langsung dalam munculnya risiko diabetes dan peningkatakan tekanan darah tinggi. (jek)



google.com, pub-4370146743310366, DIRECT, f08c47fec0942fa0

website stat