Wow! Apartemen Dibandrol Rp 20 Juta/m2

Jakarta menawarkan lebih dari 3.000 apartemen tipe studio ke profesional asing.


koranWedding.com - Permintaan apartemen dinilai masih cukup tinggi di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan harga yang dipatok mayoritas di bawah Rp 30 juta per meter persegi (m2).

“Dari segi permintaan dan pasokan, kue terbesar pasar apartemen masih di kisaran harga Rp15-20 juta per meter persegi,” ujar Director Research & Advisory Cushman & Wakefield, Arief Rahardjo, di Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Artinya, bila paling kecil luasan unit apartemen yang dipasarkan 22 m2, harga yang dibanderol berkisar Rp 330-440 juta per unit. Segmen tersebut masuk kategori menengah bawah yang dinilai penyerapannya masih cukup besar pada 2016.

Sementara itu, Associate Director Colliers International Indonesia, Aleviery Akbar, pernah mengatakan, hunian kelas menengah bawah dengan harga Rp 500 jutaan sampai dengan Rp 2 miliar per unit akan menjadi hunian favoit pada 2016.

“Hunian atau apartemen yang akan terserap cukup besar adalah hunian untuk kelas menengah bawah dengan kisaran harga Rp500 jutaan sampai dengan Rp2 miliar,” katanya.

Menurut dia, kebutuhan itu terutama di kawasan penyangga Jakarta. Dia melihat, banyak developer yang mengembangkan apartemen untuk kelas menengah dan menengah bawah di kawasan tersebut. Kawasan itu mencakup kawasan industri Bekasi, Cikarang, Karawang, Tangerang, dan Depok.

Arief Rahardjo menilai, pasar hunian vertikal (strata-title apartment) di Jabodetabek pembelinya masih didominasi oleh investor bukan end-user. Walaupun, tegasnya, memang benar di daerah yang sudah sangat komersial dan harga lahan/ rumahnya sudah tidak terjangkau oleh masyarakat umum, strata apartment menjadi pilihan untuk hunian. (jek)




website stat