google.com, pub-4370146743310366, DIRECT, f08c47fec0942fa0


Tips Pilih Katering untuk Acara Pernikahan

Catering Wedding.


koranWedding.com – Saat menggelar acara pesta atau respesi pernikahan, bisa dipastikan fokus utama selain gedung atau tempat adalah katering. Resepsi pernikahan tanpa jamuan bagi para tamu adalah sesuatu yang belum pernah terjadi. Bila anda akan menikah di tempat yang sudah menyediakan katering tetap (fixed) dan anda cocok, tidak masalah. Anda tinggal memilih menu.

Namun, memilih katering akan menjadi hal yang gampang-gampang susah kalau ternyata gedung tempat acara pernikahan akan berlangsung memberikan pilihan beberapa rekanan katering. Bagaimana cara memilihnya? Ini tips-nya:

1. Perhatikan reputasi perusahaan katering. Sebaiknya lakukan survei. Tanyakan kepada pemilik/petugas katering mengenai pelayanan dan keunggulan apa yang mereka berikan. Anda bisa mempertimbangkan perusahaan katering yang banyak direkomendasikan orang. Anda bisa browsing di internet untuk mengetahui pelayanan tiap perusahaan catering.

2. Lakukan food test ke perusahaan katering yang masuk kandidat. Atau anda dapat mendatangi pesta-pesta pernikahan untuk mencicip, melihat kesigapan pelayan, kebersihan dan lain-lainnya. Jangan lupa, bawa amplop berisi uang walaupun Anda tidak diundang ke pesta pernikahan yang Anda datangi karena Anda hanya ingin melakukan food test.

3. Ambil paket. Setiap perusahaan jasa katering selalu menyediakan paket makanan dengan beragam variasi makanan dan minuman, dan biasanya sudah termasuk makanan kecil, minuman ringan, dessert, dan makanan gubuk (food stall). Paket semacam ini tentu lebih memudahkan, terutama bagi anda yang memiliki memiliki waktu sempit dalam mempersiapkan acara resepsi pernikahan.

4. Diskusi dengan pemilik/petugas katering mengenai makanan apa saja yang Anda inginkan dan apa yang menjadi menu andalan mereka.Tanyakan apakah dekorasi meja termasuk tanggung jawab pihak katering atau pihak dekorator.

5. Hitung jumlah tamu dengan benar agar tidak terjadi masalah kehabisan makanan. Jumlah tamu tidak sama dengan jumlah undangan. Sebagai contoh, jika Anda menyebarkan 500 undangan untuk acara pernikahan, berarti harus disediakan minimal 1.000 porsi makanan.

Tapi ingat, tamu yang datang terkadang membawa anak, teman dan mungkin satu keluarga. Untuk amannya , menu buffet sebaiknya dipesan 50% dari total jumlah orang yaitu 500 porsi makanan. Sedangkan untuk menu gubuk (food stall), anda kalikan 4 (bila acara digelar pada siang hari) atau kalikan 3 (jika acara digelar malam hari). Jadi total menu gubuk untuk siang hari adalah 2.000 porsi dan jika malam adalah 500 X 3 = 1.500 porsi. Dari 2.000 atau 1.500 porsi menu gubuk itu bisa Anda bagi menjadi beberapa menu.

Sedangkan untuk menu dessert adalah total porsi makanan dikurangi porsi buffet yaitu 1.000-500 sebanyak 500 porsi dessert. Saran tambahan adalah,daripada Anda memilih 10 menu dengan jumlah 100 porsi per satu menu, lebih baik Anda memilih 20 menu dengan jumlah 50 porsi per satu menu makanan.

Jenis makanan dalam jumlah banyak akan membuat tamu merasa senang karena Anda memberikan banyak variasi makanan kepada tamu. Namun variasi makanan jangan terlalu banyak juga karena dikhawatirkan malah tidak habis dimakan.

6. Pilih sistem pesanan katering berdasarkan paket prasmanan, bukan berdasarkan jumlah piring dan gelas yang dipesan. Jika berdasarkan paket prasmanan yang dipesan, maka perusahaan katering akan terus mengeluarkan piring dan gelas selama makanan masih tersedia. Sedangkan sistem pesanan katering berdasarkan jumlah piring dan gelas lebih cocok jika Anda menggelar pernikahan sitting dining table.

7. Minta diskon. Ini lazim dilakukan di setiap transaksi. Atau jika diskon tidak bisa diberikan, minta tambahan porsi makanan.

8. Jangan langsung melakukan pembayaran sekaligus. Biasanya DP 10%, pembayaran ke-2 (biasanya seminggu sebelum acara) sebesar 70% dan pembayaran setelah pesta selesai sebesar 20%. Pembayaran terakhir itu bisa menjadi "senjata untuk komplain" apabila ternyata ada ketidaklancaran dalam proses penyajian katering.

9. Jangan lupa, pastikan tanggal dan konfirmasi ulang soal tanggal pernikahan. Apalagi bila Anda menikah saat musim nikah dan sunatan, pasti katering akan penuh booking-an.

Selamat menggelar pesta pernikahan ya.(jek)



google.com, pub-4370146743310366, DIRECT, f08c47fec0942fa0

website stat