Ingin Hamil Sehat Persalinan Normal? Ini Syaratnya!

Hamil


koranWedding.com - Para wanita yang ingin hamil dan menjalani persalinan normal dan sehat perlu tetap menjaga berat badan ideal. Jangan sampai terlalu gemuk dan sebaliknya terlalu kurus.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, banyak cara yang harus dilakukan agar semuanya terpenuhi. Apa saja?

Menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan (Obstetri dan Ginekologi) Rumah Sakit Tambak Menteng, dr. Botefilia Arjunadi, SpOG, hal pertama yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengatur asupan nutrisi.

"Kalau biasanya makan nasi pulen, ubahlah dengan mengonsumsi nasi merah. Untuk karbohidrat lainnya, makanlah pasta, jangan roti putih. Dan jangan lupa, buah dan sayuran," kata Botefilia Arjunadi dalam acara 'Kursus Singkat Persiapan Calon Orang Tua: Persiapan Persalinan Normal atau Operasi', di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Bila di antara para ibu ada yang tidak suka sayuran, lanjut Botefelia, ubahlah porsi konsumsi air putih. Kalau biasanya 2-3 gelas, di masa kehamilan sebisa mungkin 8 sampai 10 gelas.

"Air putih ini berfungsi sebagai pencahar, bagi ibu yang tidak suka sayur," katanya menjelaskan.

Dan jangan lupa, penting bagi ibu hamil untuk rutin melakukan aktivitas fisik, agar tubuh senantiasa bugar, dan makanan yang masuk tidak menjadi lemak.(nez)

 




website stat